Bantal Plastik, Bentuk Upaya untuk Reuse Sampah Plastik

Pembahasan mengenai sampah tidak akan pernah selesai selama bumi masih berputar. . Dewasa ini, sampah plastik menjadi hal yang perlu diperhatikan karena keberadaannya yang semakin sulit dikontrol, bahkan sudah menjadi masalah lingkungan berskala global. Plastik banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari karena mempunyai keunggulan-keunggulan seperti kuat, ringan, dan stabil. Akan tetapi, plastik yang beredar di pasaran saat ini merupakan polimer sintetik yang terbuat dari minyak bumi yang sulit untuk terurai sehingga menjadi sumber polusi lingkungan terbesar di dunia.

Sampah-sampah plastik yang dibuang sembarangan berpotensi merusak dan mencemari lingkungan serta dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Hal tersebut kemudian menjadi salah satu faktor penyumbang kerusakan terhadap ekosistem dan keberlangsungan hidup di bumi. Demi mencegah terjadinya kerusakan ekosistem, perlu diadakan tindakan nyata untuk bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap dampak dari sampah plastik serta mengurangi kuantitas dan menangani tumpukan sampah plastik. Penanganan sampah plastik tidak harus dengan pengolahan mahal dan bermuluk-muluk, tetapi dapat dengan mengembangkan ide kreatif yang dimiliki manusia. Kreativitas tersebut akan membuat sampah bermanfaat kembali, bahkan memiliki nilai jual.

Teknik Lingkungan ITATS kali ini menyalurkan energi positif dalam mengolah sampah plastik kepada siswa-siswi MAN 1 Surabaya. Kegiatan yang dikemas dalam pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi Bantal Plastik.

Praktik membuat bantal dari sampah plastik yang dilakukan oleh seluruh peserta kegiatan. Langkah pertama kegiatan ini yaitu seluruh peserta menggunting sampah plastik menjadi ukuran yang sangat kecil kemudian sampah plastic tersebut dimasukan ke dalam Zipper Lock hingga mencapai berat 0,5 gram. Kegiatan ini bertujuan guna mengurangi serta mengatasi adanya pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan pembuatan bantal dari sampah plastik. Bantal yang sudah jadi nantinya dapat dipasarkan melalui e-commerce.

Bantal Plastik dari potongan sampah plastik

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas Teknik Lingkungan dengan program Pemkot Surabaya untuk mereduksi timbulan sampah dari sumbernya. Kegiatan memanfaatkan sampah plastik sehingga memiliki nilai jual juga sebagai upaya untuk menumbuhkan entrepreneurship.

“Anda harus melakukan hal yang justru Anda kira tak dapat Anda lakukan.” Eleanor Rosevelt
Jangan putus sekolah, AYO KULIAH di @tlitats@kampusitats

Yuk segera daftar sekarang juga.
Info lebih lanjut bisa mengunjungi
Website : pmb.itats.ac.id
Info lebih lanjut hubungi Pak Niam (0856 4622 1014)

#surabaya #kampusitats #kampussurabaya #kampusteknik #kampushebat #beasiswamaba #mabaitats #maba2023 #mabaitats2023
#pendaftaranmahasiswabaru #beasiswa #utbk #sbmptn2023 #beasiswamahasiswa #kampussby #kampusmerdeka
#tekniklingkungan #tekniklingkunganitats #maba2023 #mahasiswabaru#itats #itatssurabaya #daftarkampus #environmental
#environmentalengineering
#mahasiswatekniklingkunga n#surabaya #MBKM #kampusmerdeka