Bersama Pemkot Surabaya, Tanam Bibit Mangrove dan Clean Up Kawasan Mangrove Wonorejo

Kelestarian lingkungan senantiasa digaungkan oleh Jurusan Teknik Lingkungan ITATS. Kali ini Kawasan Mangrove Wonorejo menjadi lokasi terpilih untuk dilakukan pelestarian lingkungan melalui aksi tanam bibit mangrove dengan spesies Rhizopora muncronata. Kegiatan yang dilakukan di tanggal 5 Nopember 2022 ini juga mengusung tema semangat kepahlawanan. Melalui tema tersebut, diharapkan para generasi muda bangkit untuk melestarikan dan menjaga lingkungan

Selain tanam mangrove, Jurusan Teknik Lingkungan juga melalukan clean up di kawasan muara sungai Avour Surabaya dengan berkolaborasi bersama Magister Teknik Lingkungan. Kegiatan tanam bibit mangrove dan clean up diikuti oleh mahasiswa sarjana teknik lingkungan dan mahasiswa magister teknik lingkungan yang juga sekaligus bentuk kuliah lapangan dan pengabdian masyarakat.

Kegiatan ini juga didukung oleh Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup Surabaya, Non-Governmental Organization oleh Komunitas Nol Sampah dan Waste4change, Selain itu terdapat pihak industri yang mendukung, yaitu PT. Campina dan juga masyarakat lokal setempat, yaitu Komunitas Petani Tambak Trunojoyo.

Penanaman bibit mangrove dan clean up mangrove, dibuka oleh sekretaris DLH Kota Surabaya Bapak Achmad Eka Mardijanto, SP, S.Sos. Beliau menyampaikan pentingnya fungsi kawasan mangrove sebagai pelindung kawasan pesisir dengan menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan pantai. Perwakilan dari mahasiswa Magister Teknik Lingkungan yang juga pegiat lingkungan Bapak Wawan Some juga menyampaikan fungsi ekologi dan ekonomi yang penting dari kawasan mangrove Wonorejo.

Kegiatan tanaman mangrove yang diliput oleh JawaPos

Kegiatan penanaman bibit mangrove dan clean up mangrove juga menjadi pengalaman yang menarik bagi mahasiswa Sarjana Teknik Lingkungan. Pandu Dharma Firdausya menyampaikan kesannya bahwa kuliah lapangan Ekologi Lingkungan sangatlah menarik dan menjadi pengalaman berharga melalui kegiatan menanam mangrove dan membersihkan sampah plastik di kawasan mangrove, Pandu juga menyampaikan pesan bahwa kita semua harus berkontribusi aktif dan nyata untuk melestarikan lingkungan.

Keterlibatan Teknik Lingkungan dalam kegiatan sejenis akan terus dilaksanakan, agar kebermanfaatan dosen dan mahasiswa dapat secara langsung dirasakan masyarakat. Termasuk perluasan jejaring kerjasama dengan pihak-pihak di luar kampus akan terus diupayakan, agar tercipta sinergi yang baik dalam membangun bangsa dan negara.

“Anda harus melakukan hal yang justru Anda kira tak dapat Anda lakukan.” Eleanor Rosevelt
Jangan putus sekolah, AYO KULIAH di @tlitats@kampusitats

Yuk segera daftar sekarang juga.
Info lebih lanjut bisa mengunjungi
Website : pmb.itats.ac.id
Info lebih lanjut hubungi Pak Niam (0856 4622 1014)

#surabaya #kampusitats #kampussurabaya #kampusteknik #kampushebat #beasiswamaba #mabaitats #maba2023 #mabaitats2023
#pendaftaranmahasiswabaru #beasiswa #utbk #sbmptn2023 #beasiswamahasiswa #kampussby #kampusmerdeka
#tekniklingkungan #tekniklingkunganitats #maba2023 #mahasiswabaru#itats #itatssurabaya #daftarkampus #environmental
#environmentalengineering
#mahasiswatekniklingkungan #surabaya #MBKM #kampusmerdeka