Sinergi dengan DLH Kota Surabaya dalam Webinar Peran Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah dan Limbah Cair Rumah Tangga

Tahukah kalian berapa volume sampah yang dibuang setiap hari dari rumah? Hermawan Some, Dewan Pengarah Aliansi Zero Waste Indonesia menyampaikan dalam werbinar bahwa setiap orang menghasilkan 0.4-1 kg sampah per hari di Indonesia. Di surabaya, setiap orang menghasilkan 1 kg sampah per hari. Faktanya, sampah di Indonesia 53.67% adalah sampah organik. Kegiatan memilah sampah dari sumbernya merupakan bentuk pengelolaan sampah yang wajib dilakukan oleh setiap orang untuk mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA. Hermawan Some yang juga mahasiswa magister teknik lingkungan memberikan pesan bahwa setiap orang wajib bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan untuk melestarikan lingkungan dan bumi.

Selain sampah, limbah cair rumah tangga juga menjadi perhatian. Donny Yuslan Cortheo dalam webinar menyampaikan bahwa selain black water, limbah grey water juga perlu dilakukan pengolahan. Hal sederhana yang dapat dilakukan adalah tidak membuang minyak atau oli bekas di selokan atau saluran air dan mengurangi penggunaan bahan kimia di kamar mandi. Menteri PUPR Basuki Hadimulyono mengatakan bahwa 10 tahun setelah berlakunya PERMEN PUPR 4/2017 air limbah Non Kakus (jamban) tidak boleh dibuang ke selokan / got / drainase lagi. Maka harus dibuatkan saluran terpisah dari drainase untuk dapat diolah atau dapat diartikan yang tidak boleh dibuang ke selokan itu jika air limbah Non Kakus langsung dibuang tanpa diolah terlebih dahulu, jadi kita harus mulai memikirkan untuk mengolah air limbah Non Kakus sebelum dibuang ke selokan / got / drainase.

Perubahan iklim juga menjadi tantangan bagi lingkungan, Pemateri dari BMKG Shanas Septi Prayuda memberikan tips sederhana untuk mengurangi dampak perubahan antara lain (1) menanam dan merawat poho, (2) hemat dalam penggunaan air dan alat eletronik, (3) menggunakan transportasi publik, (3) memilah sampah dari sumbernya. Kegiatan sederhana tersebut jika dilakukan secara masif makan memberikan dampak besar untuk mengurangi dampaj dari perubahan iklim.

Di akhir sesi webinar, DLH Kota Surabaya yang diwakili oleh Agus Sugiharto menyampaikan pesan ke masyarakat bahwa pentingnya untuk memilah sampah dari sumbernya. Volume sampah yang masuk ke TPA Benowo sebesar 1600 ton/hari, target Pemerintah Kota Surabaya untuk mengurangi volume sampah yang masuk menjadi 1000 ton/hari, sinergitas seluruh lapisan elemen masyarakat perlu ditingkatkan dalam mengurangi volume sampah.

Webinar yang diselenggarakan atas kerjasama Magister Teknik Lingkungan dan Teknik Lingkungan beserta dengan DLH Kota Surabaya merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah Kota Surabaya dan para akademisi untuk terus menggaungkan gerakan peduli lingkungan dengan kegiatan -kegiatan yang bermanfaat.

“Anda harus melakukan hal yang justru Anda kira tak dapat Anda lakukan.” Eleanor Rosevelt
Jangan putus sekolah, AYO KULIAH di @tlitats@kampusitats

Yuk segera daftar sekarang juga.
Info lebih lanjut bisa mengunjungi
Website : pmb.itats.ac.id
Info lebih lanjut hubungi Pak Niam (0856 4622 1014)

#surabaya #kampusitats #kampussurabaya #kampusteknik #kampushebat #beasiswamaba #mabaitats #maba2023 #mabaitats2023
#pendaftaranmahasiswabaru #beasiswa #utbk #sbmptn2023 #beasiswamahasiswa #kampussby #kampusmerdeka
#tekniklingkungan #tekniklingkunganitats #maba2023 #mahasiswabaru#itats #itatssurabaya #daftarkampus #environmental
#environmentalengineering
#mahasiswatekniklingkungan #surabaya #MBKM #kampusmerdeka