Kuliah Lapangan (KuLap) mahasiswa Teknik Lingkungan ITATS ke PT. Enero Mojokerto

Pada semester Gasal 2018/2019, tepatnya hari Rabu tanggal 21 November 2018 mahasiswa Teknik Lingkungan ITATS melakukan kuliah lapangan (kulap) setelah menyelesaikan Ujian Tengah Semester (UTS).

Kuliah lapangan diikuti mahasiswa sebanyak 110 orang, terdiri dari beberapa angkatan, yaitu angkatan 2015, angkatan 2016, angkatan 2017 dan angkatan 2018 dengan didampingi 3 orang dosen pendamping.

Tujuan kuliah lapangan kali ini adalah PT. Energi Agro Nusantara yang berlokasi di wilayah Mojokerto, dengan 2 bis.

Energi Agro Nusantara atau yang biasa disebut Enero merupakan pabrik yang menghasilkan energi terbarukan yaitu ethanol. Ethanol sendiri merupakan jenis utama dari alkohol yang bisa digunakan sebagai bahan bakar.

Pembelajaran kami dibuka dengan materi ruangan oleh salah wakil dari perusahan yang mengenalkan Profil Enero ini. Dimulai dari sejarah hingga materi singkat tentang pengolahan di dalam pabrik. PT. Enero menjelaskan secara terperinci bagaimana limbah yang mereka olah bisa menjadi suatu manfaat kepada lingkungan dan limbah tersebut tidak dibuang langsung ke dalam air.

Tidak hanya materi ruangan pihak Enero juga memperkenalkan secara langsung bagaimana proses pengolahan limbah yang terdapat di dalam pabrik. Seluruh mahasiswa berkeliling perusahan dan melihat langsung tahapan tahapan bagaimana PT. Enero mengolah limbah pabrik gula berupa molase menjadi etanol dan pupuk cair yang dimanfaatkan oleh petani sebagai pupuk untuk menyuburkan tanah.

Please follow and like us: