Mengenal Fotokatalis dalam Pengolahan Limbah

(Ayu Nindyapuspa) Fotokatalis berasal dari dua kata, foto dan katalis. Foto berarti cahaya, sedangkan katalis adalah bahan yang digunakan untuk mempercepat suatu reaksi kimia. Fotokatalis adalah katalis yang digunakan untuk mempercepat reaksi kimia dengan bantuan sinar atau cahaya.

Proses fotokatalis dapat diaplikasikan untuk mengolah limbah cair yang mengandung zat organik, misalnya untuk mengolah limbah cair yang mengandung fenol. Jenis fotokatalis yang digunakan adalah :

  • titanium dioksida (TiO2),
  • seng oksida (ZnO)
  • kadmium sulfida (CdS).

Jenis fotokatalis yang umumnya sering digunakan untuk pengolahan limbah adalah TiO2. TiO2 yang terdapat di dalam suatu limbah, ketika terpapar oleh sinar UV, maka TiO2 yang bertindak sebagai fotokatalis akan teraktivasi dan dapat mendekomposisi zat organik di dalam limbah tersebut.

Dalam fotokatalisis terjadi peristiwa reduksi oksidasi yaitu adanya peristiwa serah terima elektron karena keterlibatan cahaya matahari yang mengaktivasi katalis tersebut.

Teknologi fotokatalis merupakan salah satu teknologi yang ramah lingkungan (green technology). Pemanfaatan teknologi fotokatalis ini sangat cocok diterapkan di negara tropis yang banyak mendapatkan paparan sinar matahari.

 

Sumber gambar :

  1. http://ecocoat-tech.com/technology/what-is-photocatalyst-2/
  2. https://www.netl.doe.gov/research/factsheet-print?k=FE0004224
Please follow and like us: