Kegiatan Pembuatan Karbol dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Teknik Lingkungan ITATS 2018

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Teknik Lingkungan ITATS dilaksanakan di Desa Sumurwelut, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya pada bulan Juni 2018. Berbagai macam aktivitas dilakukan oleh mahasiswa Teknik Lingkungan ITATS dan warga setempat. Kegiatan yang dilakukan salah satunya adalah kegiatan pembuatan karbol untuk warga desa.

Secara umum, karbol merupakan cairan yang biasanya berwarna putih dan digunakan untuk membersihkan noda noda membandel yang menempel di kamar mandi. Tujuan dari diadakannya pelatihan pembuatan karbol ini adalah agar warga Desa Sumurwelut dapat membuat karbol sendiri yang memiliki bahan pengawet yang minim, sehingga lebih aman digunakan. Kegiatan ini diikuti oleh Ibu-Ibu PKK Desa Sumurwelut.

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karbol sederhana ini adalah arpus 1 kg yang sudah ditumbuk, NaOH secukupnya, Camper 50 gram, minyak pinus secukupnya, dan air sekitar 10-20 liter. Bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam ember dan diaduk dengan batang kayu. Setelah tercampur rata, barulah karbol tersebut siap dikemas. Bahan yang dapat mengangkat kerak yang menempel adalah NaOH, namun terlalu banyak NaOH juga dapat membuat kulit iritasi, sehingga ditambahkan secukupnya. Sedangkan minyak pinus yang digunakan dapat memberikan aroma segar saat digunakan.

Please follow and like us: