Kandungan Pb (timbal) pada daun Puring dan Angsana akibat emisi kendaraan bermotor

Elfina Rabbani Hafinur, mahasiswi Teknik Lingkungan ITATS (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya) baru-baru ini menyelesaikan penelitian Kandungan Pb (timbal) pada daun Puring dan Angsana akibat emisi kendaraan bermotor. Penelitian tersebut dibimbing Bapak Dr.Ir. Khambali, MPPM.

Pencemaran udara disebabkan oleh emisi kendaraan bermotor. Salah satu polutan yang dikeluarkan dari proses pembakaran bahan bakar adalah timbal (Pb). Dampak Pb terhadap kesehatan pada anak mengalami penurunan kecerdasan, pada orang dewasa mengurangi kesuburan. Diperlukan tindakan untuk mereduksi Pb di udara dengan menggunakan tanaman yang dikenal dengan istilah fitoremediasi.

Terdapat banyak agen tanaman yang dapat mendegradasi polutan Pb salah satunya adalah tanaman :

  1. Puring (Codiaeum Variegatum)
  2. Angsana (Pterocarpus Indicus).

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan daun Puring (Codiaeum variegatum) dan daun Angsana (Pterocarpus indicus) dalam menyerap kadar pencemaran yang dihasilkan dari kendaraan bermotor.

Puring (Codiaeum Variegatum)

Angsana (Pterocarpus Indicus).

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah membandingkan hasil yang didapat dari pengukuran hasil laboratorium dengan standart kandungan maksimal Pb dalam tanamanya itu antara 0.5 – 3.0 µg/g. Siregar (2005) .

Sumber gambar: wikipedia

Please follow and like us: