Pengolahan limbah cair pewarnaan jeans dengan menggunakan metode fotokatalis TiO2

Achmad Ramadhan, mahasiswa Teknik Lingkungan, FTSP ITATS, angkatan 2013, yang telah diwisuda pada 28 April 2018 dengan predikat “Dengan Pujian” melakukan penelitian pengolahan limbah cair pewarnaan jeans dengan menggunakan metode fotokatalis TiO2, dengan dosen pembimbing Jenny Caroline.

Proses pembuatan jeans salah satunya adalah pewarnaan. Proses pewarnaan pakaian jeans diberi warna sesuai denganpermintaan dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Keberadaan industri tekstil di Indonesia tidak hanya dalam kategori industri skala besar dan menengah, tetapi juga dalam skala kecil dan bahkan ada yang dalam skala rumah tangga seperti pewarnaan dan pencelupan jeans.Hasil industry berupa limbah cair tersebut tentu menimbulkan pencemaran bukan hanya pada kawasan-kawasan industri namun juga di perkampungan padat penduduk.

 

Metode Foto katalisis merupakan alternatif pengolahan limbah organik zat warna dengan memanfaatkan katalis TiO2. Melalui proses fotokatalisis ini dapat dilakukan secara mudah dan efisien. Proses Fotokatalisis yaitu menggunakan sinar UV sebagai energi dan Katalis untuk mendegradasi zat organik yang adapada air limbah tersebut.Pada proses fotokatalisis, air limbah di sinari UV dandiberi TiO2. Tujuan penyinaran UV yaitu agar katalis TiO2 aktif, dan bias mendegradasi zat organik pada air limbah, dan penggunaan lampu UV karena energi dari sinar UV yang dihasilkan sangat besar, sinar UV mempunyai panjang gelombang dibawah 400 nm.

Reaktor fotokatalisis

Lalu setelah dilakukan running fotokatalisis tersebut maka didapatkan hasil efesiesni removal pada parameter zat warna sebesar 95,5% (30,91 mg/L), TSS 97,4%(2 mg/L), COD 86,4%(30,5 mg/L).dengan waktu penyinaran 4 jam dan dosis katalis TiO2 sebanyak 1,5gr/L


Limbah pewarnaan jeans setelah diolah menjadi jernih

Please follow and like us: