“Beat Plastic Pollution” adalah tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 05 Juni 2018

Hari Lingkungan Hidup Sedunia jatuh pada tanggal 5 Juni. Hari Lingkungan Hidup Sedunia digagas oleh organisasi United Nation Environment di bawah organisasi PBB pada tahun 1972 pada saat Konferensi Stockholm yang membahas lingkungan manusia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mendukung aksi yang telah dilakukan masyarakat untuk sadar terhadap lingkungannya.

Tema yang diusung untuk tahun ini adalah “Beat Plastic Pollution“. Memang pada saat ini polusi plastik dalam kondisi yang memprihatinkan. Sebagian besar pencemar yang bermuara di laut merupakan sampah plastik. Plastik tidak pernah luput dari aktivitas manusia sehari-hari. Hampir seluruh kegiatan manusia menggunakan plastik. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran manusia untuk mengurangi penggunaan plastik, sehingga polusi plastik dapat berkurang.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2018 dipusatkan di India. Secara tradisional India telah melaksanakan 3R – mengurangi sampah, mendaur ulang, menggunakan kembali untuk mendorong kehidupan yang berkelanjutan secara kondusif agarĀ  lingkungan sehat. Sebagai negara tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia, India akan menghidupkan kembali dan menanamkan pengetahuan tradisional dan pendekatan modern inovatif menuju negara yang lebih bersih, hijau dan bebas plastik. Sebagai bagian dari perayaannya, India sedang melakukan pembersihan plastik nasional dari pantai-pantainya, taman nasional, bantaran sungai, tempat-tempat umum dan banyak lagi, sehingga memperkuat budaya kehidupan berkelanjutannya.