Sarjana Teknik Lingkungan dapat memberikan kontribusi untuk mengatasi masalah-masalah lingkungan

Bagaimana penjelasan untuk  ilustrasi di atas ?

 

Menurutku dari gambar/ilustrasi dapat diketahui masalah-masalah lingkungan semakin banyak berbanding terbalik dengan jumlah sarjana teknik lingkungan yang sedikit. Masalah-masalah lingkungan tersebut disebabkan oleh masyarakat sendiri  dan juga industri. Karena kurangnya kesadaran manusia akan perbuatannya dapat memberikan dampak terhadap lingkungan. Masalah lingkungan tersebut memberikan dampak negatif seperti mengganggu kesehatan manusia, berkurangnya flora dan fauna serta merusak keadaan bumi.

Sedangkan menurutku jumlah sarjana teknik lingkungan sedikit disebabkan karena kurangnya peminat yang ingin mengambil fakultas teknik lingkungan. Mungkin banyak orang tidak tahu setelah lulus dari fakultas teknik lingkungan, bisa bekerja dimana dan sebagai apa. Padahal sarjana teknik lingkungan banyak diperlukan dipemerintah maupun swasta. Serta belum tentu sarjana teknik lingkungan yang sudah lulus dari bangku kuliah dapat mengatasi masalah lingkungan tersebut. Karena ada sarjana teknik lingkungan yang tidak memiliki keahlian dan tidak dapat memahami ilmu yang telah dipelajari saat kuliah.

Menurutku masalah lingkungan seperti pencemaran tanah,air dan udara sebenarnya dapat diatasi jika diimbangi dengan jumlah sarjana teknik lingkungan yang banyak dan memiliki keahlian. Sarjana teknik lingkungan dapat memberikan kontribusi untuk mengatasi masalah-masalah lingkungan tersebut dengan menggunakan ilmu yang telah didapat dari bangku kuliah. Mereka dapat membuat alat, reaktor atau solusi suatu rancangan untuk mengatasi hal yang menyebabkan timbulnya masalah lingkungan. Sehingga masalah-masalah lingkungan yang ada dapat berkurang.

Demikian paparan Yessika, salah satu mahasiswa Teknik Lingkungan ITATS yang menjelaskan ketidak seimbangan antara masalah-masalah lingkungan yang terjadi di sekitar kita, dengan ketersediaan tenaga ahli lingkungan. Kurangnya pemahaman masyarakat akan bidang keahlian Teknik Lingkungan salah satunya ditandai dengan anggapan bahwa belajar di Jurusan Teknik Lingkungan adalah merawat orang sakit, atau mungkin dengan berbagai pertanyaan lain. Padahal sangat penting peran sarjana Teknik Lingkungan di masyarakat untuk membantu melakukan upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*