MABARR (Mari Belajar Autocad Rame Rame) bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan (HMJ TL) ITATS

Pelatihan Auto-CAD merupakan sebuah program kerja dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan (HMJ TL) ITATS divisi Puslitbang-Dikmas. Acara tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan software Auto-CAD khususnya pada gambar 2D.

Acara ini memiliki tema MABARR (Mari Belajar Autocad Rame Rame) yang diikuti oleh 23 peserta lintas angkatan 2015 dan 2016. Dalam pelatihan kali ini mengundang bapak Hamdan Bahalwan S.T.,M.Ds dari jurusan desain produk ITATS selaku pemateri. Para peserta belajar mengenai dasar-dasar Auto-CAD pada gambar 2D dan 3D. Perintah-perintah dasar seperti shortcut untuk membuat line, circle, rectangel, polygon, arc, memotong objek, menggabungkan objek dan lain-lain, termasuk juga perintah 3D seperti bagaimana cara membuat objek 3 dimensi, kubus, balok, bola serta bagaimana cara memakai perintah extrude, subtract, sweep dan lain-lain.

Peserta juga belajar mengenai pengeditan gambar seperti erase, copy, move, mirror, offset, trim, serta rotate untuk memutar objek. Pengaturan tampilan gambar, serta arah pandangan gambar serta membuat tulisan atau text. Para peserta juga berlatih bagaimana cara mencetak gambar (plot) dari Auto-CAD.

 

Untuk pelaksanaannya sendiri cukup lancar walau ada beberapa kendala seperti mati listrik ditengah pelaksaan acara. Terlepas dari hal-hal tersebut para peserta dan pemateri cukup santai, enjoy dan menikmati jalannya pelatihan, dan berharap diadakan acara-acara serupa untuk kedepannya.

Sumber gambar

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*